07 Januari 2011

Modul Tugas Liburan sem ganjil 1011


Perilaku di masyarakat terbukti sangat memengaruhi perilaku murid. Perilaku, budaya dan peradaban di masyarakat menjadi satu-kesatuan yang lebih menonjolkan perilaku negatif yang mudah ditiru murid. Berbohong, egois, tidak sopan dan apatis terhadap kebenaran adalah perilaku yang mudah diserap dari masyarakat. Jujur, suka menolong, sopan dan membela kebenaran seringkali tersembunyi dan memerlukan rencana dan kesengajaan untuk menirunya.
Modul ini membantu murid untuk merencanakan dan secara sengaja meniru perilaku jujur, suka menolong, sopan dan membela kebenaran yang terjadi di masyarakat. Kegiatan yang dikembangkan dalam modul ini mengikuti model Activity Based Learning (ABL). ABL memiliki 5 (lima) tahapan kegiatan, yaitu : Exploration (menggali), Elaboration (mendalami), Confirmation (menyelaraskan), Reflection (merenungkan) dan Extention (mengembangkan).
Exploration (menggali), murid mengamati, mencatat, mendokumentasikan dan menyusun laporan perilaku jujur, suka menolong, sopan dan membela kebenaran (sesuai kelompok) yang terjadi di masyarakat. Exploration (menggali) dilaksanakan selama liburan semester ganjil di lingkungan keluarga atau lingkungan masyarakat yang lebih luas.
Elaboration (mendalami), murid mendiskusikan, membahas, menyimpulkan dan menyusun laporan tentang perilaku jujur, suka menolong, sopan dan membela kebenaran (sesuai kelompok) yang terjadi di masyarakat. Elaboration (mendalami) dilaksanakan pada hari pertama semester ganjil di kelas dengan didampingi Wali Kelas dan seorang kolaborator.
Confirmation (menyelaraskan), murid menyelaraskan indikator-indikator perilaku jujur, suka menolong, sopan dan membela kebenaran (sesuai kelompok) yang terjadi di masyarakat dengan keterangan dan penjelasan dari guru dan referensi baku lainnya. Confirmation (menyelaraskan) dilaksanakan pada hari kedua semester ganjil di kelas dengan didampingi Wali Kelas dan Guru Ahli.
Reflection (merenungkan), murid menghubungkan indikator-indikator perilaku jujur, suka menolong, sopan dan membela kebenaran (sesuai kelompok) yang terjadi di masyarakat dengan ayat-ayat al-Qur’an, al-Hadits dan perkataan Ulama. Reflection (merenungkan) dilaksanakan pada hari ketiga semester ganjil di kelas dengan didampingi Wali Kelas dan Guru Ahli.
Extention (mengembangkan), murid mengembangkan indikator-indikator perilaku jujur, suka menolong, sopan dan membela kebenaran (sesuai kelompok) yang terjadi di masyarakat dengan mensimulasikannya dengan perilaku yang kemungkinan besar terjadi pada dirinya. Extention (mengembangkan) dilaksanakan pada hari ketiga semester ganjil di kelas dengan didampingi Wali Kelas dan Guru Ahli.
Pada hari keempat setiap kelompok menampilkan portofolio kegiatan liburan dalam show case, yaitu penampilan hard-document, presentasi dan acara kreatif.
Mudah-mudahan modul ini dapat membantu murid dalam merencanakan dan secara sengaja meniru perilaku jujur, suka menolong, sopan dan membela kebenaran yang terjadi di masyarakat. Semoga pula Allah SWT memudahkan kegiatannya dan menjadikan perilaku baik tersebut dapat menjadi kebiasaan dan karakter yang kuat dalam diri murid. Amin.

Download : Modul Tugas Liburan sem ganjil 1011





1 komentar: