Perilaku di masyarakat terbukti sangat memengaruhi perilaku murid. Perilaku, budaya dan peradaban di masyarakat menjadi satu-kesatuan yang lebih menonjolkan perilaku negatif yang mudah ditiru murid. Berbohong, egois, tidak sopan dan apatis terhadap kebenaran adalah perilaku yang mudah diserap dari masyarakat. Jujur, suka menolong, sopan dan membela kebenaran seringkali tersembunyi dan memerlukan rencana dan kesengajaan untuk menirunya.
Modul ini membantu murid untuk merencanakan dan secara sengaja meniru perilaku jujur, suka menolong, sopan dan membela kebenaran yang terjadi di masyarakat. Kegiatan yang dikembangkan dalam modul ini mengikuti model Activity Based Learning (ABL). ABL memiliki 5 (lima) tahapan kegiatan, yaitu : Exploration (menggali), Elaboration (mendalami), Confirmation (menyelaraskan), Reflection (merenungkan) dan Extention (mengembangkan).
Exploration (menggali), murid mengamati, mencatat, mendokumentasikan dan menyusun laporan perilaku jujur, suka menolong, sopan dan membela kebenaran (sesuai kelompok) yang terjadi di masyarakat. Exploration (menggali) dilaksanakan selama liburan semester ganjil di lingkungan keluarga atau lingkungan masyarakat yang lebih luas.
Elaboration (mendalami), murid mendiskusikan, membahas, menyimpulkan dan menyusun laporan tentang perilaku jujur, suka menolong, sopan dan membela kebenaran (sesuai kelompok) yang terjadi di masyarakat. Elaboration (mendalami) dilaksanakan pada hari pertama semester ganjil di kelas dengan didampingi Wali Kelas dan seorang kolaborator.